Powered By Blogger

Selasa, 13 Januari 2015

Tidur !!


Sahabat...

Tidur adalah kematian kecil sebagai salah satu tanda-tanda kebesaran Allah. 

Terbayang tidak ketika tidur kan kita mati suri tidak ingat apa-apa, artinya jiwa kita pada saat itu pasti dalam genggaman Allah, kemudian dikembalikan dengan cinta Allah untuk kita gunakan lagi ketika bangun.

Maka aku harus akui bahwa di dalam tidur itu ada kasih sayang Allah, jadi selama aku mau tidur bersyukur dan bangun bersyukur maka bisa dimengerti bahwa bersyukur adalah ibadah jadi tidurnya adalah ibadah...

Aku setuju jika tidur adalah ibadah.

"Ya Allah dengan nama Mu aku hidup dan mati" 
(ini doa sebelum tidur yang isinya rasa syukur kita).

Jika aku tidur 8 jam sehari, kalau sehari ada 24 jam, maka 1/3 dari umur ku telah aku gunakan untuk tidur. Rugi lah kalau waktu sebanyak itu tidak diniatkan untuk ibadah.

Jadi tidur yang ibadah itu bukan hanya yang sekedar tidur pulas tapi tidur yang diniatkan untuk ibadah... caranya bagaimana tuh?!

Begini...

Pertama, pasti niat.... Niatkan tidur sebagai ibadah karena Allah bukan niat biar mimpi indah. Atau sebelum tidur malah sibuk mengkhayal yang tidak-tidak hehehe... 

Kedua, pernah dengar kalimat ini :

"apabila kamu mendatangi tempat pembaringan mu, maka berwudhu lah seperti wudhu mu untuk shalat, kemudian berbaringlah di atas sisi kanan mu... kemudian ucapkanlah: Ya Allah, sesungguhnya aku menyerahkan hidup aku kepada-Mu, dan aku hadapkan wajah ku kepada mu, dan aku pasrahkan urusan ku kepada-Mu, dan aku perlindungkan punggung ku kepada-Mu, dengan penuh harap dan takut kepada-Mu...".

Jadi, tidur yang ibadah tentunya tidur yang diniatkan untuk mengingat Allah saja. Bukan tidur gaya mbah Surip "bangun tidur, tidur lagi. Bangun lagi, tidur lagi... habis mandi, tidur lagi. Bangun lagi, tidur lagi" :) hehehehe...

Ah indahnya jika semua untuk Allah.... Tidur untuk Allah, bangun untuk Allah, hidup untuk Allah, mati untuk Allah.

"Aku belajar tidak mengingat apapun menjelang tidur, caranya berzikir dan istighfar. Takut Allah tidak menitipkan nafas lagi pada saat aku bangun tidur. Jadi kalaupun aku berpulang saat tidur maka kegiatan terakhir ku adalah mengingat Allah".

Jadi tidur itu termasuk ibadah loh, asal jangan kebanyakan.

*Tidur ah !!!...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar